Tuesday, February 5, 2013

Practice makes perfect, pepatah ini juga berlaku untuk urusan berbohong.



Practice makes perfect, pepatah ini juga berlaku untuk urusan berbohong.
Peneliti menemukan bahwa dengan rajin latihan berbohong, seseorang bisa berbohong secara otomatis dan lebih efisien. Orang sering berlatih akan semakin mudah untuk mengulangi kebohongannya dan semakin sulit untuk dideteksi apakah dia sedang berbohong.
Hasil tersebut didapatkan peneliti setelah melakukan penelitian pada 48 mahasiswa di China. Mereka diminta untuk berbohong, kemudian berlatih lagi, dan mengulangi kebohongan mereka dengan lebih cepat.
Hasilnya, peneliti menemukan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mengucapkan kebohongan berkurang pada kelompok yang melakukan latihan. Sementara kelompok yang tidak diberikan latihan berbohong merespon dengan lambat ketika mengatakan kebohongan.
Menurut Hu, sebenarnya seseorang akan mengalami pertentangan dalam dirinya ketika tidak mengatakan kejujuran. Namun semakin sering dia mengatakan kebohongan, pertentangan dalam dirinya semakin berkurang sehingga dia semakin mudah mengatakan hal-hal yang tidak jujur.
Hu berpendapat bahwa berbohong pada orang lain juga sama dengan membohongi diri sendiri. Semakin sering kita membohongi diri kita sendiri, maka semakin mudah kebohongan itu diucapkan, dan semakin terlihat nyata.

Akibatnya!!!

Anita Kelly, seorang profesor psikologi dari Universitas Notre Dame mengatakan, dalam studi terbarunya, 110 peserta berusia antara 18-71 tahun, menjalani tes deteksi kebohongan setiap minggu selama sepuluh minggu, kemudian dikaitkan dengan kondisi kesehatannya.
Hasil penelitian menemukan, bahwa peserta mengalami sekitar empat keluhan kesehatan mental  seperti perasaan tegang atau sedih setelah mengatakan tiga kebohongan. Tak hanya itu, mereka juga memiliki tiga masalah fisik lebih sedikit - termasuk sakit tenggorokan dan sakit kepala.


"Ketika mereka berbohong, kesehatannya menurun. Namun ketika berbohongnya berkurang, kesehatan mereka membaik," ungkap Kelly.

Sumber & Perana Luar
www.merdeka.comsemakin sering latihan orang semakin mahir berbohong Reporter: Kun Sila Ananda Rabu, 30 Januari 2013 17:07:00
www.beritasatu.comBerbohong Menurunkan Kesehatan Fisik dan Mental Penulis: Sun Times/Ririn Indriani | Rabu, 05 September 2012 | 17:09

No comments:

Post a Comment

Popular Posts