Friday, February 1, 2013

Perlu di Contoh Kampung Cyber

Kampoeng Cyber RT 36 Taman adalah sebuah perkampungan padat penduduk terletak di tengah kota Yogyakarta, berdampingan dengan obyek wisata pemandian Taman Sari. Penduduk mayoritas bekerja di sektor informal dan berlatar belakang pendidikan menengah, dengan jumlah penduduk 142 jiwa, terdiri dari 43 Kepala Keluarga.  Secara mandiri membangun wawasan pengembangan wilayah dan sumber daya manusia melalui teknologi informasi. 
aktifitas penduduk di cakruk kampung cyber  


Teknologi informasi jika digunakan secara tepat dan benar, akan mendatangkan manfaat bagi penggunanya. Seperti yang dilakukan warga Kampung Taman, Patehan, Keraton, Yogyakarta yang secara kolektif mengelola internet untuk kemajuan kampung. Selain bisa mengakses internet secara gratis yang disediakan di gardu ronda, warga juga mampu mengelola Web/Blog berisi informasi kampung mereka dan menawarkan produk produk usaha warga setempat.

Pemandangan berupa kerumunan warga yang tengah beraktifitas di pos ronda misalnya, setiap hari tidak mengisi kegiatannya dengan ngerumpi, melainkan sedang berselancar di dunia maya. Bahkan, anak-anak juga asyik dengan laptop dan komputer yang tersedia di pos ronda. Demikian juga dengan ibu-ibu yang asyik mengarungi dunia maya, sesuai dengan kebutuhan mereka

Heri Sutanto, Ketua RT 36 Kampung Taman, mengatakan, meskipun taraf hidup warganya tergolong kelas menengah kebawah. Namun tidak menyurutkan keinginan warga untuk melek tehnologi. “Berjalan sambil belajar, hingga semuanya bisa”, ujar Heri Sutanto.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts