Wednesday, December 12, 2012

Kawah Sikidang Berpindah-pindah di Gunung Dieng























Pada hari itu Saya berkunjung ke Kawah Sikidang Dieng Wonosobo.

Kawah Sikidang adalah yang paling mudah dicapai dan dinikmati karena terletak di tanah datar. Kawah Sikidang Dieng juga terkenal dengan fenomena kolam kawahnya yang bisa berpindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas. Itulah sebabnya Kawah Sikidang menjadi salah satu dari banyak kawah di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang paling diminati.

4 tahun sekali kolam kawah akan berpindah atau seolah-olah melompat dalam satu kawasan seperti karakter hewan kidang (kijang dalam bahasa Jawa kuno) yang suka melompat. Itulah yang menjadi asal usul kenapa kawah fenomenal ini dinamakan Kawah Sikidang.

Itu ceritanya,

Jika dilihat dari pengetahuan umum.

Kawah merupakan tempat keluarnya Gas yang umumnya dikeluarkan oleh magma dalam bentuk uap, yang diikuti oleh CO2, SO2, HCL dan campuran lainnya.

Adanya perubahan bentuk (deformasi) Gunung berapi Aktivitas magma yang bergerak menuju permukaan akan mendorong permukaan Gunung berapi lebih tinggi dari biasanya. Kadang perubahan tersebut berupa tonjolan atau bentuk cembung pada bagian lereng tertentu. Perubahan bentuk atau tinggi permukaan tersebut diamati dengan menggunakan GPS (Global Positioning System)

Jikalau Aktivitas magma tidak terhalang kondisi tanah yang labil atau mudah tergerus kemungkinan akan membentuk tonjolan yang desebut gunung.

Hati-hati jika ke Kawah Sikidang. karena tidak diketahuinya kapan kawah itu akan berpindah. Jika Perpindahan kawah itu tepat dimana Anda berpijak, bagaimana coba? Kita kan tidak tahu.

Berhati-hati dan tetap waspada ketika kita berwisata ke Kawah Sikidang toh masih banyak tempat lain Desatinasi Wisata Gunung Dieng seperti: Telaga Warna dengan keindahan alam dan juga banyak terdapat goa pertapa disana, Desa Sembungan dan Puncak Sikunir dapat menikmati Matahari Terbit Keemasan sembari kemping di pinggir telaga cebong dan menikmati fasilitas wisata Desa Sembungan.

Masih ada lagi yaitu: Telaga Pengilon berdekatan dengan Telaga Warna, atau yang suka melihat film dokumenter dapat ke Dieng Plateu searah perjalanan ke Desa Sembungan.

Atau berwisata ke kawasan Candi Arjuna sering juga diadakan seni budaya di komplek Candi Arjuna seperti Kuda lumping, wayang kulit, ketoprak, gelaran seni tari, dan tradisi pemotongan rambut gembel.

Selamat berlibur dan semoga lancar.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts